ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

PUBLIKASI

Layanan ini disediakan dalam rangka penyebarluasan informasi kepada masyarakat umum. Data yang tersimpan dalam modul ini adalah data-data yang bersifat umum (bukan rahasia).
Kami tidak bertanggungjawab atas segala bentuk penyalah gunaan yang timbul dikemudian hari.


Microhidro, Lentera Hijau di Kampung Hutan

Awal mula bekembangnya Pembangkit Listrik Tenaga Air adalah dari kegiatan pengolahan padi menjadi beras dengan menggunakan berbagai peralatan yang masih tradisional, padi ditumbuk dengan menggunakan antan dan lesung dan ada juga yang mengunakan kisik yang kemudian dibersihkan lagi dengan ‛di-tampi‛ menggunakan nyiru. dalam perjalanannya antan dan Lesung kemudian berkembang menjadi Lesung Air yang digerakkan menggunakan Kincir Air. Namun teknologi ini mulai bergeser setelah dikenalnyanya mesin-mesin penggilingan padi (Rice Milling).

Selanjutnya mulai dikenal listrik yang berasal dari Generator atau yang dikenal dengan Generator Set (Genset). Genset mengerakkan Dinamo dengan Mesin untuk menghasilkan listrik. Teknologi inilah yang kemudian diadopsi ke Kincir Air. Pengetahuan masyarakat membangun Kincir Air untuk pengarian sawah dan membangun Lesung Air untuk menumbuk padi kemudian diaplikasikan untuk mengerakkan dinamo. Sungai di bendung kemudian dialirkan ke saluran air dan diluncurkan untuk memutar kincir air, selanjutnya dihubungkan untuk memutar Dinamo dengan menggunakan Fanbelt untuk menghasilkan listrik bagi rumah tangga masyarakat. Selanjutnya teknologi ini kemudian dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Lalu bagaimana alih Teknologi Sistem Kincir Air ke Turbin ini??

Tanggal Upload : 13-04-2012
Jumlah Hit (telah di download) : 1078 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]


Infrastuktur Jalan , Harga dan Akses Pasar Menjadi Kendala Utama Pemasaran Komoditi Kulit Manis Di Kabupaten Merangin

Kabupaten Merangin merupakan alah satu sentra produksi Kulit Manis di Propinsi Jambi.Berdasarkan data Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Merangin porduksi kulit manis tiap tahunnya berkisar antara 4.000 – 4.500 ton. Namun cerita lama terus terjadi, kondisi infrastruktur jalan yang kurang baik, harga yang rendah dan akses pasar selalu menjadi kendala utama pemasaran komoditi kulit manis...seperti apa ceritanya?

Tanggal Upload : 03-02-2012
Jumlah Hit (telah di download) : 1486 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]


Buku Mimpi Hutan Desa

Tanggal Upload : 01-06-2011
Jumlah Hit (telah di download) : 1267 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]


Laporan tahun 2010

[J]Memasuki tahun 2010 berarti SSS memasuki tahun ke 5 perjalanannya. Sepanjang masa yang relative pendek itu, SSS telah menjalani proses institutional development, institutional management, dan upaya good governance. Semua upaya tersebut tidak selalu berjalan mulus. Dalam proses mencari bentuk tersebut juga tidak jarang terjadi trial and error.
Ditengah upaya pengembangan dan penguatan kelembagaan ini, SSS terus berupaya untuk mengembangkan layanannya sebagai CF meliputi layanan pendanaan (grant making), layanan informasi, dan layanan pengembangan pengetahuan. Dalam konteks seperti itulah laporan ini disusun secara ringkas dan berupaya menggambarkan inisiatif, proses, dan hasil yang dicapai selama tahun 2010[/J]

Tanggal Upload : 01-06-2011
Jumlah Hit (telah di download) : 882 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]


Buku Lentera Kampung Hutan

Buku Lentera kampung Hutan merupakan salah satu buku seri pembelajaran, yang menggambarkan pada upaya tidak kenal lelah masyarakat pinggir hutan untuk memanfaatkan sumber daya alam menjadi energi listrik ditengah minimnya pengetahuan teknis yang mereka miliki dan juga alpanya dukungan pemegang mandat kekuasaan negeri ini. setting penulisan buku ini adalah desa-desa di sekitar Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) yang keberadaannya masih menimbulkan kontroversi, terutama karena perbedaan sudutpandang dalam melihat manfaat keberadaannya, yaitu antara sudut pandang ekonomi dan konservasi

Tanggal Upload : 01-06-2011
Jumlah Hit (telah di download) : 649 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]


Laporan Kegiatan 2009

Tahun 2009 merupakan tahun penting dalam perjalanan SSS sebagai community foundation (CF) di Sumatera. Ditengah upaya pengembangan dan penguatan kelembagaan ini, SSS terus berupaya untuk mengembangkan layanannya sebagai CF meliputi layanan pendanaan (grant making), layanan informasi, dan layanan pengembangan pengetahuan. Apa yang terjadi dalam 3 tahun terakhir dalam pengembangan SSS dapat dianologikan seperti “Membuat Perahu Sambil Terus Berlayar”. Dalam konteks seperti itulah laporan ini disusun secara ringkas dan berupaya menggambarkan inisiatif, proses, dan hasil yang dicapai selama tahun 2009


Tanggal Upload : 01-06-2011
Jumlah Hit (telah di download) : 948 kali

DOWNLOAD LAMPIRAN ]