ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Program PEKAN

Produk usaha kecil masyarakat sekitar hutan saling terhubung ke pasar yang lebih baik

Program Pekan sudah mengidentifikasi dan menetapkan bahwa ada 7 produk unggulan yang akan menjadi prioritas untuk dihubungkan dengan pasar yang lebih baik. 7 produk tersebut terdiri dari : karet, madu, beras organik, kayu manis, Hasil Hutan Kayu, jernang dan lain-lain. Terkait dengan produk-produk tersebut, Program Pekan memfasilitasi petani untuk peningkatan kualitas sesuai yang standar, menyusun strategi packaging, mengembangkan usaha pengolahan, serta membuka akses pasar.

Sebuah field training peningkatan mutu dan teknik produksi karet bagi SAD sepanjang lintas telah merubah orientasi Rombong Salim, Mansur, dan Syargawi untuk membudidayakan karet dengan lebih baik. Strategi pemasaran beras organik dari Simancung sudah mulai diuji cobakan meskipun volume penjualannya belum cukup tinggi dan kontiyu. Produk kayu manis yang dihasilkan oleh petani dari cluster Luak 16 Kabupaten Merangin, telah terhubung secara langsung dengan PT. STS sebagai exportir kayu manis di Padang, dan saat ini sedang dijajaki kemungkinan untuk memasok ke PT. Natraco yang juga di Padang.

Upaya untuk mendorong kerjasama komunitas dengan coorporate (dunia usaha) tidak hanya terkait pemasaran produk. Di Guguk Malalo Kabupaten Tanah Datar, telah berhasil didorong sebuah kerjasama pemberdaayaan masyarakat melalui skema CSR PT. PLN, dengan nilai 40 juta rupiah untuk koperasi ninik mamak 11 suku.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women