ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Program KELOLA

memperluas dan memastikan akses masyarakat terhadap hutan dan lahan

Perkembangan program kelola tidak bisa dipisahkan dengan tahapan pengembangan CBFM, yang dimulai dari tahapan identifikasi dan konsolidasi, pengusulan, dan penguatan kelembagaan. Tahap selanjutnya yaitu sustainable production akan dikawal oleh program Lumbung, dan pemasaran produk dikawal oleh program Pekan.

Tahap Identifikasi dan konsolidasi
Inisiatif baru untuk perluasan akses dan hak kelola atas lahan dan hutan bisa dilihat dari lahirnya komitmen Pemkab Dharmasraya untuk mengalokasikan 100 hektar lahan bagi masyarakat SAD, komitmen Pemkab Bungo untuk dan memastikan hak kelola atas lahan yang sudah dibuka oleh SAD di Bungo termasuk areal untuk perluasannya. Di Lampung Tengah, sudah teridentifikasi potensi untuk mengusulkan HTR di wilayah KPH R.47 Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah.

Tahap Pengusulan
Perluasan CBFM yang telah memasuki tahap pengusulan di tahun 2012 adalah usulan penetapan Hutan Adat di Desa Koto Renah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, yang saat ini sudah diverifikasi oleh Dinas Kehutanan Kabupaten.

Tahap Penguatan Kelembagaan
Di Kabupaten Merangin, telah terbit Perdes di 3 Desa (Talang Tembago, Pematang Pauh dan Muaro Madras) untuk menegaskan kelembagaan yang akan mengelola hutan desa yang sudah dicadangkan, beserta dengan SK Kepala Desa tentang kepengurusan LPHD, dan kelengkapan usulan untuk mendapatkan HPHD sudah disiapkan untuk 3 desa tersebut. Di Kabupaten Pasaman Barat, kelengkapan usulan untuk mendapatkan izin definitive HKm sudah disiapkan meskipun SK Pencadangannya secara resmi belum diterbitkan oleh Kemenhut. Di Kabupaten Kaur Bengkulu, telah direview kelembagaan koperasi yang mendapatkan IPHH-HTR, dengan mendorong berperannya masyarakat adat secara aktif dalam pengelolaan HTR tersebut.

Halaman Sebelumnya

  Facebook