ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Sekolah Lapang Budidaya Ikan Lele Untuk Kelompok Perempuan Komunitas SAD Rombong Hari, Pelepat Kab. Bungo Propinsi Jambi

Untuk terus membekali dan meningkatkan pengetahuan teknis bagi Komunitas SAD dalam bidang pertanian dan peternakan, selain secara intensif mendatangkan tim penyuluh lapang ke lokasi kegiatan; pundi sumatera juga memfasilitasi kegiatan sekolah lapang untuk beberapa perwakilan anggota rombong SAD.

Berjalannya kegiatan budidaya ikan lele di media kolam terpal dan kolam fiber pada komunitas SAD Rombong Hari dan Rombong Badai Desa Dwi Karya Bakti Kec. Pelepat Kabupaten Bungo pada satu tahun terakhir ini memang bukan satu hal yang mudah.
Minimnya pengetahuan teknis menjadi kendala utama dalam berkegiatan. Terutama terkait bagaimana menjaga kondisi lingkungan tempat hidup ikan, teknis pemeliharaan khususnya dalam pemberian pakan, serta tindakan-tindakan yang harus dilakukan ketika menemukan persoalan pada budidaya ikan yang sedang dikembangkan.

Sekolah lapang dengan konsep mengajak perwakilan rombong untuk berkunjung ke peternak yang mempunyai lokasi kolam ikan berskala besar ini bertujuan selain untuk memotifasi, juga memberi kesempatan bagi perwakilan rombong untuk mendapatkan informasi teknis secara langsung dari peternak ikan yang ada. Dalam kunjungan sekolah lapang tersebut, memang terjadi dialog dan berbagi pengalaman antara peternak ikan yang sudah sukses dengan anggota rombong SAD yang dianggap pemula dalam kegatan budidaya ikan kolam ini.

Kesan yang dibawa pulang oleh perwakilan anggota rombong SAD pasca sekolah lapang memang sungguh diluar dugaan. Para Induk yang memang diarahkan akan memegang peranan penting dalam kegiatan budidaya ikan kolam tersebut, sekembalinya ke lokasi pemukiman ternyata dapat memotivasi pada suaminya untuk menerapkan apa yang telah didengar dan dilihatnya saat kunjungan sekolah lapang. Nyatanya beberapa kolam ikan akhirnya dibuat swadaya pasca kunjungan.

Budaya bertani dan beternak memang tidak mereka kenal dan kuasai. Butuh kesabaran dan pendampingan intens dalam mendorong kegiatan ini, tentunya dukungan dari pemerintah daerah dan pendampingan teknis dari tenaga penyuluh lapang setempat.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women