ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Budidaya Ternak Kambing di Rombong Yudi SPC Desa Pelakarjaya Kec. Pamenang Kab. Merangin Jambi

Upaya pengembangan sumber mata pencaharian alternative bagi SAD yang dilakukan pada tahun ke 2 ini difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang sudah dimulai pada tahun sebelumnya, dan melakukan perluasan untuk kegiatan ekonomi yang dianggap mempunyai progress serta hasil yang menggembirakan.

Kegiatan Budidaya ternak kambing yang berjalan hingga saat ini di Rombong Ngilo SPA Desa Pauh Menang Kec. Pamenang Kabupaten Merangin, merupakan satu diantara kegiatan pengembangan ekonomi produktif pada tahun sebelumnya yang dinilai berhasil karena kegiatannya berkembang; memberikan manfaat dan berjalan hingga saat ini.

Keberhasilan Rombong Ngilo dalam membudidayakan ternak kambingnya, akan sangat menarik apabila direplikasi di rombong lain yang dianggap berpotensi untuk dilakukan kegiatan yang sama.

Perluasan kegiatan ujicoba ternak kambing ini pada akhirnya jatuh pada Rombong Yudi SPC Desa Pelakarjaya kec. Pamenang Kabupaten Merangin; yakni dengan memberikan bantuan 8 ekor kambing betina dan 2 pejantan; serta menyiapkan 2 unit kandang kambing untuk paket bantuan tersebut. Dua unit kandang kambing yang ada, di bangun secara bergotong royong oleh anggota rombong ini, Pundi Sumatera atas dukungan Program Peduli hanya menyediakan bahan dan alat untuk membuat kandang. Selebihnya mengajak anggota rombong untuk bersama membangun kandang untuk ternak mereka.

Atas bantuan tersebut, Rombong ini juga sepakat untuk membentuk 2 kelompok. Dimana kelompok I beranggotakan 9 orang ( Nitin, Ino, Sukoati, Joni, Redan, Bibon, Lukas, Teleng. Ketua kelompoknya Yudi) dan kelompok 2 beranggotakan 8 orang ( Sani, Ngetan, Pematas, Mungkai, Timat, Melelai, Jonatan. Ketua kelompoknya Pembetul). Tiap kelompok mendapatkan 5 ekor bibit kambing (1 jantan 4 betina). Dari delapan ekor bibit kambing betina yang dibeli ternyata ada 4 kambing betina yang sedang bunting, yang diperkirakan dalam 1 bulan kedepan sudah melahirkan.

Untuk proses perawatan kambing-kambing tersebut, telah dibuat aturan yang disepakati bersama oleh semua anggota kelompok. Mulai dari pemberian pakan, perawatan, menjaga kebersihan kandang, dimana semua anggota kelompok ikut terlibat. Dan bagi yang tidak mau taat kepada aturan, maka sepakat akan dikeluarkan dari keanggotaan. Untuk peningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka dalam hal budidaya ternak kambing, maka mereka akan dilibatkan dalam sekolah lapang yakni dengan membawa mereka berkunjung ke peternak kambing yang telah berhasil dan dapat melihat langsung bagaimana peternak lain dalam menjaga kebersihan kandang, pemberian pakan, penanganan penyakit serta pemanfaatan kotoran kambingnya sebagai pupuk yang bermanfaat. Harapanya dengan mengikuti sekolah lapang tersebut mereka mendapatkan tambahan pengetahuan agar dapat mengurus ternak kambingnya lebih baik lagi.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women