ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Panen Perdana Budidaya Ikan lele di Rombong Hary Desa Dwi Karya Bakti Kec. Pelepat Kab. Bungo Propinsi Jambi

Budidaya Ikan Lele dengan Media terpal, merupakan kegiatan ekonomi alternative yang dikembangkan Pundi Sumatera di Rombong Hary-Rombong Badai sejak Mei 2015 lalu. Pengembangan budidaya ikan lele ini dilakukan di 6 kolam dengan penebaran ikan sebanyak 2 kali. Peruntukan 6 kolam yang ada yakni 4 kolam untuk komunitas SAD di rombong Hary dan 2 kolam yang ada untuk komunitas SAD di rombong Badai.
Meski dalam proses pengembangannya semua tidak berjalan dengan lancar, kenyataannya rombong ini masih terus memelihara ikan dengan pengetahuan teknis yang amat minim. Yang dilakukan memang hanya sebatas mengawasi dan memonitoring agar ikan tidak dimakan oleh binatang, tidak di ambil dan diganggu oleh anak-anak serta mendapat pakan yang cukup dengan 2 kali pemberian pakan di pagi dan malam hari. Sedangkan perlakukan lain belum ada yang dilakukan atas kolam tersebut.

Minimnya pengetahuan teknis yang di miliki anggota komunitas memang menjadi kendala utama dalam kegiatan. Meski tenaga PPL pernah 2 kali melakukan kunjungan dan memberikan pengarahan teknis, tapi kenyataannya hal itu tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Keikutsertaan seluruh anggota rombong dalam kegiatan tersebut juga belum maksimal, pengelolaan kolam baru dilakukan haya sebagian kecil anggota rombong saja, dikarenakan budaya berburu dan bermalam di hutan masih belum bisa mereka tinggalkan.

Tiga bulan berkegiatan, ikan yang ditebar pada fase I dalam kondisi siap panen. Dari hasil musyawarah, semua sepakat panen perdana ini akan di kosumsi secara bersama-sama. Sejak pagi 8 September 2015 itu, para Induk sudah mulai menyiapkan tungku untuk menanak nasi. Sedang bebarapa jantan mencari kayu dan daun pisang sebagai alas makan, sementara sebagian lagi kepasar membeli bumbu dan serta sayuran, dan beberapa orang ditunjuk untuk memanen ikan di kolam. Kurang lebih 50-an anggota rombong siang itu menikmati makan bersama dibalai pertemuan. Dari 1 unit kolam yang dipanen menghasilkan 8 kg ikan lele, untuk budidaya perdana hal itu cukup menggembirakan.

Diskusi mengenai keberlanjutan kegiatan juga sudah dilakukan oleh mereka. Prinsipnya mereka masih berkeinginan meneruskan budidaya ikan kolam tersebut. Berkenaan dengan hal itu. Lembaga mempunyai rencana ke depannya untuk kembali memberikan peningkatan pengetahuan pada anggota rombong dalam bentuk sekolah lapang yakni mengajak mereka untuk melihat pengembangan budidaya ikan kolam di lokasi lain, serta mendapatkan sharing pengalaman serta informasi teknis yang memadai tentang kegiatan tersebut,


Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women