ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Penyuluhan Kesehatan Bagi Perempuan SAD, Dukun Rombong Terkait Penanganan Kehamilan, Persalinan dan Pasca Kelahiran.

Hampir sebagian besar perempuan dari Komunitas SAD lebih memilih persalinan dengan ditangani oleh dukung rombong dibandingkan dengan bidan atau tenaga medis lainnya. Kondisi itu didasarkan pada factor kepercayaan serta kenyamanan yang lebih dirasa ada pada komunitas mereka sendiri dibandingkan dari pihak luar. Namun tidak semua proses persalinan yang terjadi di komunitas tersebut berjalan lancar atau kelahiran normal, tidak sedikit juga terjadi kasus-kasus pendarahan, bayi yang sulit keluar, sungsang atau persoalan pasca persalinan yang menyebabkan bayi atau ibu harus melanjutkan perawatan ke rumah sakit dikarenakan infeksi atau yang lainnya.

Untuk kasus kelahiran bermasalah seperti itu, biasanya mau tidak mau atau suka tidak suka, anggota rombong akan meminta bantuan bidan terdekat atau terpaksa membawanya ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Atas kondisi itulah, pundi sumatera merancang kegiatan ini bertujuan tidak menghilangkan peran salah satunya melainkan bagaimana dukun rombong lebih ditingkatkan lagi pengetahuannya dalam hal pengobatan atau membantu proses persalinan, agar keselamatan ibu dan bayi pada saat persalinan lebih terjamin.

Penyuluhan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman pada anggota rombong tentang hal-hal yang harus di jaga pada saat kehamilan dan koordinasi yang sebaiknya dibangun dengan tenaga medis terdekat yakni bidan agar dapat membantu apabila kelahiran bermasalah ditemukan.

Penyuluhan yang berlangsung pada tanggal 9 September 2015 bertempat di Kantor Desa Pelakarjaya Kec. Pamenang Kab. Merangin ini dihadiri oleh sebagian besar kelompok perempuan SAD dari Rombong Ngilo SPA, Rombong Yudi SPC dan Rombong Salim Kec. Pelepat Kab. Bungo. Penyuluhan dikemas dengan sederhana dan diselingi dengan acara pemutaran film tentang kesehatan. Narasumber yang hadir adalah 6 orang tenaga medis /petugas dari Dinas Kesehatan dalam hal ini puskesmas Kec. Pamenang serta dihadiri juga oleh kepala UPTD SAD Merangin Pak Afrizal.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women