ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Sekolah Lapang Budidaya Ternak Kambing Untuk Rombong Ngilo SPA ke Dusun Badungan SPC Kec. Pamenang Kab. Merangin Propinsi Jambi

Sabtu, 08-Agustus -2015. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Komunitas Adat Suku Anak Dalam (SAD) dari rombong Ngilo SPA, Desa Pauh Menang Kec. Pamenang Kab. Merangin, Propinsi Jambi dalam beternak kambing, maka Pundi Sumatera atas dukungan Program Peduli bekerjasama dengan Tenaga Penyuluh Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kec. Pamenang mengadakan kegiatan Sekolah Lapang di Dusun Bandungan, Desa Pelakar Jaya (SPC) Kec. Pamenang, Kab. Merangin, Propinsi Jambi.

Tujuan sekolah lapang ini adalah tidak lain agar rombong Ngilo semakin mengetahui cara berternak Kambing yang benar. Kegiatan ini diikuti oleh anggota rombong Ngilo yang berjumlah enam Orang. (1. Ngilo, 2. Jerman, 3. Debut, 4. Samat, 5. Gento, 6. Talib). Dari pihak BP3K ada pak Karsono selaku penyuluh, sementara dari Pundi Sumatera diwakilkan oleh Haris Munandar sebagai pendamping SAD wilayah Pamenang.

Adapun lokasi kegiatan bertempat di Dusun Bandungan, dimana lokasi ini cukup terkenal sebagai sentra kambing, karna hampir sebagian besar warganya berternak kambing, khususnya kambing Etawa. Dari pihak peternak lokal yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak. Heru, Bapak. Johan, dan Bapak. Suryana. Mereka berbagi pengalaman dan tehnik beternak kambing yang baik. Mulai dari perawatan kandang, pemberian pakan, kebersihan kandang, pemanfaatan kotoran ternak dan aspek pemasaran. Semua narasumber sangat terbuka dalam menyampaikan materi. Kegiatan ini berjalan sangat interaktif, hampir semua peserta dari Suku Anak Dalam sangat antusias bertanya, khususnya masalah perlakuan yang benar terhadap kambing yang sedang terserang penyakit, selain itu juga diajarkan cara membuat obat tradisional untuk mengatasi kambing yang terserang penyakit kembung dan kurap.

Setelah sesie Tanya jawab selesai, peserta kegiatan sekolah lapang juga di ajak oleh narasumber lokal untuk berkeliling melihat-lihat kandang kambing milik peternak yang ada disekitar lokasi sekolah lapang. Di akhir sesi, Pak Karsono selaku penyuluh dari BP3k menyampaikan tehnik membuat kandang kambing yang baik dan benar.

Halaman Sebelumnya

  Facebook