ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Fasilitasi Pertemuan Antar Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Semangi Hotel Kabupaten Bungo Propinsi Jambi

Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dalam pelaksanaan program di Pundi Sumatera telah berjalan lama. Bahkan sejak berdirinya lembaga ini tahun 2006, pendampingan terhadap LKM dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangannya telah dilakukan. Keterlibatan Pundi Sumatera tidak hanya pada inisiasi awal pembentukan LKM tersebut, melainkan dalam proses tumbuh kembang dan penguatan kelembagaannya pun tidak terlepas dari peran fasilitasi lembaga ini.

Salah satu LKM yang sudah menjadi mitra sejak awal adalah Kopwan Dahlia di Dusun Lubuk Beringin, Kab. Bungo (Jambi). Bermula dari kelompok Yasinan, lalu berubah menjadi Arisan, menjadi kelompok Simpan Pinjam, dan sekarang berkembang menjadi Koperasi. LKM lainnya yang sejak awal juga menjadi mitra adalah LPN Usaha Mandiri di Nagari Koto Salak, Kec. Koto Salak, Kab. Dharmasraya (Sumbar). Berbeda dengan Kopwan Dahlia, LPN Usaha Mandiri (saat ini telah berkembang menjadi Koperasi Jasa Keuangan Syariah/KJKS) mengalami fase jatuh bangun yang cukup ekstrim. Meski sejak tahun 2012 akhir, KJKS Usaha Mandiri mulai perlahan bangkit setelah melakukan restrukturisasi kepengurusan dan keanggotaan.

Walaupun belum begitu berhasil dalam program pendampingan terhadap LKM, tetapi Pundi Sumatera terus berusaha mengembangkannya. Saat ini, melalui dukungan dari Tropical Forest Conservation Act (TFCA), Pundi Sumatera sedang menfasilitasi beberapa LKM di desa-desa sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat. Beberapa LKM tersebut diantaranya Kopwan Cahayo Alam di Ma. Madras, Kab. Merangin (Jambi), Suka Maju dan Simancuang Indah di Simacuang, Kab. Solok Selatan. LKM-LKM ini berkembang dengan jalannya masing-masing, dengan peluang dan tantangan yang juga berbeda-beda. Semua berjalan dipengaruhi oleh kondisi budaya, sosial kemasyarakatan, geografis, peran perangkat pemerintahan terdekat, termasuk juga interaksinya dengan pihak lain.

Beragamnya proses tumbuh kembang dari LKM-LKM diatas, tentu mempunyai pembelajaran yang sangat berharga untuk pengembangan berbagai program kedepan. Harus diakui bahwa salah satu poin penting yang bisa diambil pembelajaran bagi Pundi Sumatera sebagai lembaga mitra pendamping adalah lemahnya penguasaan aspek administrasi keuangan oleh LKM dampingan. Berangkat dari kondisi diatas pada tanggal 20-23 Februari 2015 kemarin, Pundi Sumatera menundang perwakilan pengurus dari LKM-LKM dampingan tersebut untuk memberikan peningkatan kapasitas dalam hal administrasi keuangan. Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk membangun pembelajaran satu dengan yang lain, agar LKM-LKM ini dapat saling terhubung dan dapat berjalan dengan system pengelolaan managemen, administrasi keuangan yang semakin baik.

Pertemuan yang diikuti oleh 30 orang peserta ini, berlangsung di Hotel Semagi Kabupaten Bungo Propinsi Jambi; dengan menghadirkan Bapak Romi Iskandar, Aldes Fitriadi dan Fitri Yuminarsy yang berperan sebagai narasumber kegiatan. Meski membahas materi terkait administrasi dan keuangan yang cukup memusingkan, kegiatan juga banyak diselingi dengan ice breakers agar peserta dapat kembali rileks dan dapat kembali focus untuk mengikuti materi yang disampaikan. Keseriusan peserta untuk memahami pembukuan koperasi tersebut, juga terlihat dengan padatnya waktu belajar yang digunakan. Bahkan sesie malam pun digunakan untuk menjawab soal-soal latihan yang diberikan oleh narasumber kegiatan.

Hampir seluruh peserta yang hadir merekomendasikan agar pelatihan teknis administrasi keuangan seperti itu kembali di lakukan, termasuk meminta agar Pundi Sumatera melakukan pendampingan yang intens untuk LKM-LKM yang baru terbentuk tersebut. Sedangkan untuk LKM Dahlia Lubuk Beringin dan LKM Cahayo Alam Muara Madras, secepatnya akan merapihkan dokumen administrasi dan keuangannya agar dalam waktu dekat dapat menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2014.

Halaman Sebelumnya

  Facebook