ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Fasilitasi Pembuatan Dokumen Kependudukan (KK dan KTP) bagi Rombong Mansyur SPA Desa Pauh Menang dan Rombong Ngungkai SPC Desa Pelakarjaya Kecamatan Pamenang Kab. Merangin Propinsi Jambi.

Pemerintah akhir-akhir ini sedang memanjakan penduduk dalam pengurusan administrasi kependudukan. Hal ini terungkap dengan terbitnya UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Peluang ini tentu diperuntukan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali komunitas Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di beberapa rombong dampingan kami.

Namun meski sudah banyak kemudahan dalam proses pengurusan dokumen kependudukan tersebut, tidak terelakan masih cukup banyak juga warga Negara yang belum memilikinya. Terlebih SAD yang tinggal menyebar di sepanjang jalur lintas tengah sumatera. Kehidupan mereka yang masih berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain, menjadi kesulitan utama dari pemerintah dalam memfasilitasi pengurusan dokumen kependudukan mereka. Alhasil tanpa kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) mereka sering mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas layanan public, program-program bantuan pemerintah dan lain sebagainya . Sementara untuk mengurus dua dokumen tersebut secara mandiri, sebagian besar dari mereka tidak memahami prosedur dan tatacaranya.

Dampak dari tidak dimilikinya dua dokumen penting ini, sangat besar bagi komunitas tersebut. Mulai dari anggapan bahwa mereka warga illegal, tidak diakui oleh wilayah administrasi manapun, tidak mendapatkan bantuan atau tidak dapat mengakses program-program pemerintah untuk masyarakat kecil, tidak punya hak suara dalam proses pemilihan umum, kesulitan dalam proses registrasi anak untuk masuk ke sekolah formal hingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk melakukan proses jual beli skala besar ataupun selalu menemukan kesulitan dalam proses kepemilikan barang.
Atas kondisi itulah salah satu focus kegiatan Pundi Sumatera melalui dukungan program PEDULI pada tahun 2015 ini adalah memfasiltasi pengurusan dokumen kependudkan bagi SAD yang memang belum memilikinya. Dokumen kependudukan yang diupayakan adalah kepemilikan kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk (KTP) dan akta kelahiran bagi anak-anak yang sudah bersekolah formal.

Kegiatan fasilitasi pengurusan dokumen kependudukan di tingkat kecamatan ini telah berlangsung pada tanggal 17 Maret dan 30 Maret 2015 lalu, untuk rombong Ngungkai SPC Desa Pelakarjaya Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin dan pada tanggal 6 April 2015 untuk rombong Mansyur SPA Desa Pauh Menang Kec. Pamenang Kabupaten Merangin. Total berjumlah 27 KK dari dua rombong tersebut.

Usai perekaman di tingkat kecamatan pamenang, Pundi sumatera kemudian memfasilitasi kedua rombong untuk proses aktivasi e-KTP nya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Merangin, termasuk memfasilitasi beberapa perbaikan dari dokumen KK dan KTP yang ternyata masih terdapat kesalahan penulisan. Semoga dokumen ini dapat membuka akses bagi komunitas itu untuk mendapatkan hak-hak dasarnya sebagai bagian warga Negara Indonesia.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women