ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

SKPD Kabupaten Pasaman Barat Sepakat Dukung Program Hutan Kemasyarakatan

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, menyatakan kesepahaman bersama untuk mendukung program Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) khususnya Hutan Kemasyarakatan (Hkm) menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat. Kesepahaman tersebut lahir sebagai hasil dari Workshop Penyusunan Usulan Program Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Kelompok Tani Pengelola Hutan Kemasyarakatan (Hkm).

Workshop yang diadakan pada tanggal 18-19 Desember 2013 lalu itu, difasilitasi oleh Perkumpulan Qbar & Pundi Sumatera dan dihadiri oleh Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan; Dinas Koperasi Perdagangan Industri dan Usaha Kecil Menengah; Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat serta Gabungan Kelompok Tani Talago Bawah Gunung dan Kelompok Tani Maju Bersama.

Workshop dimulai dari pemaparan rencana kerja kelompok guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan pelestarian lingkungan. Dilanjutkan dengan pemaparan perwakilan SKPD yang hadir yang menyampaikan program kerja yang sudah dianggarkan pada tahun 2014, dan adanya peluang bagi kelompok tani untuk memasukkan rencana kerja mereka ke dalam program kerja SKPD pada APBD perubahan tahun 2014 mendatang. Pada sesie FGD gabungan antara kelompok tani dengan SKPD yang hadir. Workshop menghasilkan dokumen sinkronisasi antara rencana kerja kelompok tani dengan SKPD, sebagai wujud nyata komitmen SKPD terkait dalam mendukung kelompok tani HKm guna mewujudkan hutan yang lestari dan masyarakat yang sejahtera.

Dukungan tersebut akan diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan, diantaranya peningkatan kapasitas masyarakat melalui pendidikan, pelatihan maupun penyuluhan; pengembangan pembangunan sarana dan prasarana pendukung, pengembangan teknologi budidaya, pasca panen serta pemasaran hasil panen. Program pengelolaan hutan kemasyarakatan (Hkm) juga disepakati menjadi bagian dalam upaya mitigasi bencana, sehingga Pemerintah kabupaten Pasaman Barat akan memfasilitasi masyarakat dalam upaya peningkatan pemahaman kebencanaan serta upaya penanggulangan bencana pada wilayah rawan bencana.

Untuk mencapai tujuan bersama tersebut, kelompok tani akan berperan dalam membuat program kerja berdasarkan kebutuhan, kondisi, serta potensi kelompok tani yang kemudian akan dikomunikasikan dengan Pemerintah Daerah Kab. Pasaman Barat. (Sumber : Qbar-Div.PHK)































Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women