ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Pemberian Beasiswa Tamat Pendidikan Dasar Untuk 20 Anak-anak SAD

Bangko- Pundi Sumatera bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin pada hari Sabtu (23/11/2013) menggelar acara penyerahan beasiswa untuk 20 Suku Anak dalam (SAD) yang berdomisili di sepanjang jalur lintas tengah sumatera melalui tema ‘Pendidikan Yang Adil Untuk Semua Anak’. Kegiatan tersebut berlangsung di SDN 256/6 Pematang Kancil II, Desa Pelakar Jaya SPC Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin dan dihadiri oleh kurang lebih 100 undangan yang berasal dari pihak sekolah dimana siswa/I SAD tersebut bersekolah, perwakilan SAD di 5 rombong, perwakilan pemerintah desa dan kecamatan, UPTD Dinas Pendidikan, SKPD terkait Tingkat Kabupaten, PNPM Peduli dan Kemitraan Jakarta, serta unsure media baik cetak maupun elektronik.

Keprihatinan akan keberadaan Suku Anak dalam (SAD) yang menyebar disepanjang jalan raya lintas tengah Sumatera mulai dari perbatasan Sarolangun, Merangin, Bungo sampai ke Dharmasraya, dan Sumatera Barat mendorong Pundi Sumatera atas dukungan PNPM Peduli, sejak akhir tahun 2011 memulai berbagai program pemberdayaan untuk suku asli minoritas tersebut. Beberapa program yang dilakukan meliputi pemberian layanan kesehatan, upaya untuk memberikan kepastian wilayah hidup bagi SAD , peningkatan ekonomi alternative dan juga kegiatan layanan pendidikan. Termasuk terus melakukan koordinasi dan upaya mendorong parapihak di berbagai level guna mendukung keberlangsungan hidup SAD disepanjang lintas tengah Sumtera tersebut.

Menurut penjelasan Dewi Yunita (Manager Program Cendikia Pundi Sumatera), terkait layanan pendidikan Pundi Sumatera telah mengembangkan proses belajar mengajar di sekitar 5 (lima) rombong dengan jumlah anak didik sebanyak 56 orang. system pendidikan dengan nuansa sekolah alam ini, memang di rancang dengan konsep belajar sambil bermain. Kegiatan belajarpun bisa dilakukan dimana saja dengan materi dasar yang diperkenalkan adalah baca, tulis dan hitung yang bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak ini untuk melanjutkan ke pendidikan dasar sekolah formal.

Antusiasme anak-anak SAD untuk belajar cukup tinggi. Didampingi oleh 5 tenaga pengajar, pada Juli 2013 lalu, 20 orang anak yang telah cukup umur untuk bersekolah dan sudah memiliki kemampuan dasar baca, tulis, hitung; difasilitasi untuk mengenyam pendidikan formal yang berlokasi tidak jauh dari lokasi mereka tinggal. Dengan komposisi 6 orang dari rombong Salim di Kec. Rantau Keloyang Kab. Bungo, 3 orang dari Rombong Sargawi SPE Kab. Sarolangun, 6 orang dari Rombong Mansyur/Nusai di SPA Kab. Merangin, 5 orang berasal dari Rombong Ngungkai SPC Desa Pelakar Jaya Kab. Merangin dimana 8 diantaranya berjenis kelamin perempuan dan 12 orang lainnya anak berjenis kelamin laki-laki.

Mahendra Taher (Direktur Eksekutif Pundi Sumatera) menyampaikan, bahwa selain membantu kelengkapan proses administrasi yang di syaratkan pihak sekolah, Pundi Sumatera juga memberikan bantuan berupa alat tulis, seragam sekolah, tas dan sepatu untuk ke -20 anak tersebut. Dimana modal awal untuk mendanai kebutuhan murid-murid ini berasal dari sumbangan Komunitas Golf di Jakarta yang diserahkan melalui Bapak Agung Laksono pada awal tahun 2012 lalu. Pundi Sumatera juga berkomitmen untuk memberikan program beasiswa sampai tamat sekolah dasar untuk ke-20 anak SAD tersebut dengan upaya menggandeng beberapa pihak swasta yang juga punya keperdulian dengan kontribusi berupa in cash maupun in kind untuk berpartisipasi pada program pendidikan SAD ini.

Kadis Pendidikan Kab. Merangin diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin Mhd. Zubir dalam sambutannya juga menyampaikan dukungannya untuk gagasan beasiswa pendidikan tersebut. Beliau menghimbau agar semua pihak, baik dari kalangan swasta maupun organisasi masyarakat sipil lainnya dapat ikut terlibat dalam memajukan pendidikan secara umum, khususnya pendidikan untuk SAD ini agar pendidikan yang merupakan hak bagi semua anak secara adil dapat di wujudkan.

Pemberian Program beasiswa tamat SD tersebut berlangsung lancar, serta dimeriahkan dengan beragam penampilan seni baik tari, dance, puisi serta vocal group yang dipersembahkan oleh siswa/siswi SDN 256 mulai dari anak-anak yang masih duduk di bangku SD kelas 1 sampai dengan kelas VI. Gelar seni tidak hanya di ikuti oleh anak-anak yang berasal dari desa pelakar jaya, melainkan anak-anak SAD pun ikut berpartisipasi di dalamnya.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women