ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Media Visit dan Talkshow dalam Upaya Percepatan Implementasi SVLK pada IKM di Propinsi Lampung, 23-25 Oktober 2013

Sebagai bagian upaya mendorong percepatan implementasi system verifikasi legalitas kayu (VLK) dan menggalang dukungan parapihak pada industry kecil menengah khususnya di Propinsi Lampung; Pundi Sumatera berkerjasama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) atas dukungan Multistakeholder Forestry Programme (MFP) untuk kedua kalinya memfasilitasi kegiatan media visit yang berlangsung selama 2 hari tepatnya pada tanggal 23-24 Oktober 2013 bertempat di kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Tengah.

Ada 4 (empat) Media yang terlibat pada kegiatan tersebut, yakni Tribun Lampung, Lampung Post, Lampung TV dan RRI Bandar Lampung. Kunjungan diawali ke Kabupaten Lampung Utara yakni meliput aktifitas produksi dari Industri Kecil Menengah (IKM) PK Lestari dan PK Alipir. Selain melakukan dialog dengan pemilik industry dan para pekerja, media juga diperbolehkan untuk mengeksplor informasi dan gambar seputar kegiatan kedua panglong kayu tersebut dalam aktifitas produksinya dimana sumber kayunya berasal dari hutan rakyat.


Perjalanan dilanjutkan ke Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya meliput aktifitas PK Yoga Perkasa di Desa Rajawali Kecamatan Bandar Surabaya. Diawali dengan diskusi bersama anggota kelompok hutan rakyat Desa Rajawali terkait pengembangan dan potensi hutan rakyat yang terdapat disana, media juga diajak untuk melihat langsung kondisi kayu rakyat yang berada disalah satu kebun dari mitra PK Yoga Perkasa. Secara kebetulan pada saat yang sama, tengah dilakukan pemanenan kayu sehingga rekan-rekan media dapat langsung meliput dan berdialog dengan anggota kelompok hutan rakyat, pengurus PK Yoga Perkasa serta para pekerja di lokasi industry.

Informasi yang banyak dipertanyakan oleh peserta pada kegiatan media visit tersebut adalah terkait persiapan yang sudah dilakukan oleh panglong-panglong kayu dalam menuju sertifikasi legalitas kayu, apa kendala yang dihadapi dan bagaimana dengan pemanfaatan kayu yang berasal dari hutan rakyat.


Masih satu rangkaian kegiatan dengan Media visit, pada tanggal 25 oktober 2013 dilakukan kegiatan talkshow yang berlangsung live di gedung TVRI Bandar Lampung. Talkshow bertemakan Implementasi SVLK pada IKM pemanfaatan hasil kayu hutan dan hutan rakyat di Propinsi Lampung, serta tentang kebijakan pengembangan sector kehutanannya. Talkshow berdurasi 60 menit tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengusahaan Hutan Ir. Guntur S, dari BP2HP wilayah V yang dihadiri langsung oleh Kepala Balai Ir. Teguh Widodo, MM dan perwakilan dari YKWS Lampung oleh Ir. Isyanto. Selain pemaparan dari para narasumber, talkshow juga membuka sesie dialog dengan para pemirsa di rumah yang menyaksikan acara tersebut.




Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women