ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Pelatihan Administrasi dan Keuangan di Jorong Simancung Solok Selatan

Kawasan TKNS dan penyangganya merupakan tempat hidup masyarakat lokal / komunitas tradisonal dari berbagai macam suku dan budaya yang memiliki ketergantungan tinggi pada kawasan hutan. Tidak hanya interaksi ekonomi yang terjadi antara masyarakat dan hutan, melainkan juga terjadi interaksi social didalamnya.

Untuk mendukung “Program Mempertahankan Tutupan Hutan Tersisa pada Lanskap Ekosistem TNKS untuk Menjamin Kelestarian Keragaman Hayati, Mendukung Kehidupan Komunitas Lokal” sejak dua tahun yang lalu melalui project TFCA, SSS Pundi Sumatra sebagai bagian dari konsorsium telah melakukan kegiatan pendampingan dan pemberdayaan pada kelompok petani formal dan informal yang ada di tingkat masyarakat. Kegiatan pemberdayaan tersebut diharapkan dapat mendukung upaya konservasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Salah satu concern program tersebut adalah melakukan pemberdayaan kelembagaan keuangan mikro (LKM), yang berlokasi di di Jorong Simacung Nagari Alam Pauh Duo kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Untuk meningkatkan kapasitas para pengurus LKM disana, pada tanggal 21-22 September 2013 lalu telah dilakukan pelatihan Administrasi dan Keuangan LKM dan bagi Kelompok Usaha Masyarakat yang berada di Lanskap Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari pengurus dan atau anggota Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Kelompok Usaha Masyarakat Lokal. Dengan metode presentasi, diskusi dan kerja berkelompok pelatihan dikembangkan dengan suasana yang sangat informal, sehingga membuat peserta yang sebagian besar adalah kaum perempuan merasa tidak terbebani dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber.

LKM Simancung sebetulnya sudah lama berdiri. Berawal dari kegiatan simpan pinjam, koperasi ini kemudian berkembang mengelola jual-beli hasil bumi berupa tanaman cabai dan memiliki alat pemotong rumput yang juga disewakan. Semangat pengurus koperasi dan anggota dalam mengelola kegiatan usaha sayangnya belum didukung oleh pengetahuan administrasi dan keuangan yang baik. Sehingga pencatatan yang dilakukan selama ini masih sangat sederhana, bahkan masih jauh dari standar administrasi dan keuangan yang ada.

Beranjak dari kebutuhan itulah, narasumber dalam pelatihan dua hari tersebut memaparkan tentang bagaimana pencatatan yang baik terkait buku kas, bagaimana melakukan pencatatan hutang piutang anggota, lampiran-lampiran apa saja yang harus ada dari administrasi keuangan, serta contoh-contoh foam yang harus ada dalam administrasi keuangan. Sayangnya pelatihan dilakukan cukup singkat, sehingga materi yang disampaikan pun masih bersifat informasi dasar. Para peserta yang hadirpun berharap ada kegiatan pelatihan lanjutan, sehingga mereka betul-betul dapat dilatih tentang bagaimana menyelenggarakan administrasi dan keuangan yang baik untuk UKM yang mereka kelola.







Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women