ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

SSS Pundi-PNPM Peduli Wujudkan Mimpi 20 Anak SAD untuk masuk ke sekolah Formal

“Lega dan bangga”…mungkin itulah rasa yang ada didalam hati rekan-rekan tenaga pengajar komunitas Suku Anak Dalam (SAD) pada Senin 1 juli 2013 kemarin. Setelah satu semester, bahkan dibeberapa lokasi sudah mencapai lebih dari satu tahun memberikan layanan pendidikan dasar dengan konsep sekolah alam, pada akhirnya tim pengajar ini mampu mengantarkan anak didiknya untuk masuk ke sekolah formal dilokasi yang terdekat dengan tempat tinggal anggota rombong masing-masing.


Secara serentak, proses pendaftaran murid-murid SAD yang berlokasi di kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin dan Kecamatan Rantau Keloyang Kabupaten Bungo dilakukan oleh 5 (lima) tenaga pengajar dari SSS Pundi Sumatra. Mulai dari mengisi formulir pendaftaran, menyiapkan pas photo anak, memberikan paket bantuan belajar berupa baju sekolah, sepatu, tas dan alat tulis yang dibutuhkan; tim pengajar juga telah mengkoordinasikan jauh-jauh hari sebelumnya kegiatan ini pada aparat desa setempat termasuk juga pada Dinas pendidikan Kabupaten Merangin.


Secara keseluruhan ada 20 murid yang dapat di daftarkan pada tahun ajaran baru 2013 ini, dengan komposisi 8 orang murid berjenis kelamin perempuan dan 12 orang murid berjenis kelamin laki-laki. Ke-20 murid ini berasal dari 4 lokasi rombong yang berbeda, yakni 3 (tiga) orang murid dari Rombong Sargawi di SP-E, 6 (enam) orang murid dari Rombong Ngungkai di SP-C, 5 (lima) orang murid dari Rombong Mansyur/Musai di SP-A dan 6 (enam) orang lainnya dari Rombong Salim Kecamatan Rantau Keloyang Kabupaten Bungo. Mereka yang didaftarkan pada tahun ajaran baru ini, dari segi umur memang sudah layak untuk mengenyam sekolah dasar dan sudah dianggap menguasai materi dasar baca, tulis, hitung yang di berikan oleh para pengajar.


Didampingi oleh wali murid masing-masing, tim pengajar melakukan pendaftaran ke sekolah dasar terdekat. Bahkan untuk 6 murid yang berada di Kecamatan Rantau Keloyang Kabupaten Bungo dan 6 murid yang berasal dari Rombong Ngungkai Desa Pelakar Jaya SPC; setelah melakukan proses registrasi, anak-anak ini langsung masuk sekolah. Sehingga paket seragam dan paket alat tulisnya pun langsung di berikan dan dikenakan oleh mereka.


Untuk mendukung keberlanjutan pendidikan 20 anak tersebut, SSS Pundi Sumatra juga berencana akan memberikan beasiswa sampai mereka menyelesaikan pendidikan di sekolah dasarnya (6 tahun). Beasiswa ini tidak berbentuk uang, melainkan berupa seragam, tas, sepatu dan alat tulis pada setiap tahunnya; termasuk biaya pembelian buku-buku LKS yang disediakan oleh pihak sekolah dimana mereka belajar.

Meski demikian bukan berarti proses pemberian layanan pendidikan dilokasi telah selesai. Masih ada lebih dari 30-an murid yang menanti untuk juga dibekali pendidikan dasar baca, tulis, hitung di lokasi-lokasi dampingan. Mereka tentunya menjadi target murid yang akan didaftarkan pada sekolah formal untuk tahun ajaran baru di 2014 mendatang. Semoga pendidikan dasar ini mampu membekali mereka untuk dapat hidup dengan kualitas yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women