ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

15 Tenaga Medis dikerahkan untuk Memberikan Layanan Kesehatan pada Komunitas SAD di Kec. Pamenang Kab. Merangin Provinsi Jambi

Sekilas kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan layanan kesehatan yang sudah pernah dilakukan pada tahun 2012 lalu, namun bila di cermati lebih jauh konsep pemberian layanan kesehatan yang berlangsung pada tanggal 19-20 Juni 2013 kemarin memiliki perbedaan yang cukup signifikan.


Kegiatan layanan kesehatan yang berlangsung 2 hari di 2 (dua) lokasi yang berbeda ini, menjangkau 6 (enam) rombong komunitas Suku Anak Dalam yang berdomisili di sekitar Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Sebelum layanan teknis ini diberikanípun, tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin telah melakukan pengumpulan data bidang kesehatan di 6 rombong yang akan menjadi target kegiatan; untuk mengetahui kondisi kesehatan terakhir dari anggota komunitas tersebut.


Tidak tanggung-tanggung, 15 orang tenaga medis dikerahkan dalam kegiatan 2 hari tersebut, diantaranya perwakilan dari Dinas kesehatan Kabupaten Merangin sendiri, perwakilan dari Puskesmas kecamatan Pamenang serta beberapa orang bidan desa di lokasi desa terdekat. Selain pengobatan yang komprehensif, puskesmas pamenang juga menghadirkan 2 tenaga doctor dan 2 tenaga laboratorium untuk melakukan pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak serta bidan desa yang melakukan pemeriksaan terhadap ibu hamil serta imunisasi untuk balitanya.

Kegiatan layanan kesehatan ini mendapat respon cukup baik di tingkat komunitas SAD sendiri, termasuk dari aparat desa di lokasi tempat berlangsungnya kegiatan. Ada sekitar 83 slide sampel darah yang diambil dari 2 lokasi kegiatan, karena dari pemeriksaan dan kondisi kesehatan pasien ada indikasi yang bersangkutan mengidap penyakit malaria dan hepatitis. Sedangkan ada sekitar 40 balita yang mendapatkan suntik imunisasi dan campak, dan 3 ibu hamil yang mendapatkan pemeriksaan dari bidan yang hadir.


Selain penyakit malaria, penyakit yang umumnya di derita komunitas SAD pada kegiatan layanan kesehatan kemarin adalah batuk, pilek, sakit kepala, gatal-gatal, sesak nafas dan kekurangan gizi untuk sebagian besar balita mengingat perbandingan usia dan berat badan sangat tidak seimbang. Pihak puskesmas Pamenang dan Dinas Kesehatan kabupaten Merangin juga memberikan pembagian sabun mandi gratis bagi komunitas SAD yang berobat serta makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

Meski kegiatan layanan kesehatan ini berjalan cukup lancar, sangat disayangkan karena 2 rombong yang ditargetkan akan ikut dalam kegiatan pengobatan tidak bisa hadir; yakni Rombong Leman dan Rombong Paneto. Jarak kedua rombong dengan lokasi pengobatan memang terbilang cukup jauh, sehingga meski sudah disiapkan kendaraan untuk menjemput; ketua rombong menyatakan anggotanya sudah banyak yang pergi berburu dan menyadap karet.

Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin dan staf medis dari Kecamatan Pameneng sendiri mengharapkan, bahwasanya layanan kesehatan ini dapat dilakukan secara rutin. Akan lebih baik bila pengobatan di lakukan dengan mendatangi setiap rombong, terutama untuk lokasi rombong yang relative jauh. Bahkan tawaran kerjasama untuk melakukan pengobatan masal pada Bulan Desember 2013 untuk pengobatan Filariasis atau kaki gajah juga sudah disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.

Tindak lanjut dari kegiatan layanan kesehatan yang sudah berlangsung adalah, pemeriksaan 83 slide sampel darah serta dahak oleh tenaga laboratorium Puskesmas Pamenang; dimana setelah diperolah hasil pemeriksaan laboratorium tersebut baru akan dilakukan pengobatan terhadap pasien yang positif menderita malaria, hepatitis atau TBC. Pendistribusian obat untuk komunitas SAD yang nantinya dinyatakan positif menderita sakit diatas, akan dilakukan oleh pihak staf medis puskesmas pamenang difasilitasi oleh tenaga fasilitator serta tenaga pengajar dari SSS Pundi Sumatera.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women