ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Talkshow Radio dalam Rangka Promosi SVLK di Sumatera Utara

Setelah hampir 1 tahun SSS Pundi Sumatra dan Komunitas Peduli Hutan Sumatera Utara (KPHSU) atas dukungan program Multistakeholders Forestry Programme (MFP) melakukan pendampingan pada salah satu unit pengelola Hutan Rakyat di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara agar mampu menerapkan tata usaha kayu dan memiliki rencana bisnis yang siap di jalankan, pada akhir bulan Februari 2013 lalu unit usaha yang tergabung dalam Koperasi Hutan Mas ini telah sampai pada proses audit sertifikasi VLK.

Meski terbilang baru, yakni berdiri sekitar bulan Februari tahun 2012 dengan anggota yang berjumlah 22 orang, Koperasi Hutan Mas yang saat ini berkantor di Desa Natiti Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan - Sumut sudah memiliki Akta Notaris Nomor 06 tanggal 09 Juni 2012 yang diterbitkan oleh Kantor Notaris Juliati Rosiana, SH. Akta pendirian koperasi ini kemudian disyahkan melalui Badan Hukum nomor 87/BH/INDAGKOP/VII/2012 oleh Dinas Perindustrian, perdagangan dan Koperasi Kabupaten Humbang Hasundutan Propinsi Sumatera Utara.

Koperasi juga sudah memiliki Struktur kepengurusan meski terbilang masih cukup sederhana dan sudah memiliki agenda kerja yang sudah dilaksanakan. Diantaranya koperasi sudah melakukan kegiatan pemetaan Luasan dan Potensi Lahan yang diprediksi bahwa luasan lahan milik anggota mencapai lebih dari 100 hektar. Koperasi juga sudah melakukan pengurusan dokumen legalitas kepemilikan lahan. Yang sebagian adalah berupa SKPT (Surat Keterangan Pemilikan Lahan) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa. Sedangkan sebagian besar nya lagi merupakan lahan komunal yang diwariskan oleh orang tua.

Koperasi juga telah membuat pembibitan tanaman hutan yang tujuannya untuk menjamin keberlangsungan produksi kayu, dan untuk memenuhi kebutuhan bibit kayu bagi anggota. Koperasi juga telah menyusun rencana usaha industri primer.

Dalam rangka mempublikasikan kegiatan yang sudah berjalan kepada parapihak sebagai bagian dari promosi dan menjaring dukungan public serta Share learning juga untuk masyarakat sekitar, SSS Pundi bersama KPHSU telah menggelar acara talkshow di salah satu stasiun radio yakni lite fm 92,8 Medan yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah perwakilan staf Dinas kehutanan Propinsi Sumatera Utara, pengurus koperasi Hutan Mas, Unsur pendamping masyarakat yakni KPHSU dan dari SSS Pundi Sumatra sendiri.

Talkshow yang digelar secara live pada hari Jum‛at tanggal 01 Maret 2013 Pukul. 16.30 s.d 17.45 WIB tersebut selain diisi dengan pemaparan singkat dari masing-masing narasumber terkait peran dan kegiatan yang sudah berjalan, talkshow juga membuka kesempatan diskusi interaktif dengan para pemirsa di rumah. Beberapa pertanyaan di lempar untuk memancing tanggapan para pemirsa, yakni terkait pandangan dan komentar pemirsa tentang hutan di Sumatera Utara, lalu bagaimana pandangan dan komentar pemirsa radio sendiri terkait Peraturan mentri Kehutanan No. P.30/menhut-II/2012.

Halaman Sebelumnya

  Facebook