ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Perda Provinsi Jambi Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pendoman Penyelenggaran Pemberdayaan Masyarakat

Banyak Program Pemberdayaan Masyarakat dari berbagai instansi dalam lingkup pemerintah daerah provinsi dan kabupaten serta dari pihak lain (Swasta, BUMN, NGO dll). Namun semuanya belum memiliki kerangka bersama. Ini menyebabkan berbagai kegiatan menjadi tidak efektif dan efisien baik dari segi waktu, sumberdaya, pendanaan dan sumberdaya orang.

SSS Pundi Sumatra melalui dukungan program Penguatan Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat untuk Penghidupan yang Lebih Baik di Sumatera mencoba mempengaruhi penyusunan salah satu perda sebagai kerangka besar atau pedoman Pemberdayaan Masyarakat di propinsi Jambi bagi parapihak. Kegiatan ini dimulai dari diskusi-diskusi dengan parapihak terutama DPRD Provinsi Jambi dalam rangka membangun pemahaman bersama mengenai pemberdayaan masyarakat. Serta menggali aspirasi publik dan juga pelaku mengenai pemberdaayaan masyarakat.

Perda ini kemudian menjadi salah satu perda inisiatif DPRD Provinsi Jambi. Penyusunan naskah akademik ini dibantu oleh Tim Penyusun yang terdiri dari Praktisi Pemberdayaan Masyarakat dan Akademisi. Ranperda ini telah dibahas dalam Sidang Paripurna DPRD dan disetujui dan disahkan menjadi Perda Provinsi Jambi. Itu Berupa Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 7 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pemberdayaan Masyarakat.

Perda ini juga telah disosialisasikan dengan parapihak terutama dalam lingkup intansi teknis dalam pemerintah daerah. Juga kepada pihak lainnya seperti masyarakat, kademisi, praktisi pemberdayaan masyarakat, NGO dan kalangan swasta. Di Kabupaten Bungo, Pemerintah Daerahnya akan menjadikan Kecamatan Batin III Ulu sebagai pilot project pemberdayaan masyarakat berbasis adat istiadat.

DOWNLOAD LAMPIRAN ]

Halaman Sebelumnya

  Facebook