ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

"Bukan Mimpi Hutan Desa" Catatan pembelajaran Fasilitasi Pengembangan 17 HD di Kab.Merangin Prop Jambi

Mungkin bukan suatu hal yang luar biasa lagi ketika sebuah buku yang disertai pula dengan dukungan gambar hidup berupa sebuah film documenter tersaji bagi khalayak. Namun bagi SSS Pundi dan tiga lembaga swadaya masyarakat lainnya yang tergabung dalam Poros Kehutanan Masyarakat Merangin (PMKM), satu paket buku plus film mengenai pembelajaran pengembangan Hutan Desa ini tetaplah memiliki makna yang luar biasa.

Tertuangnya pengalaman tentang proses pengembangan hutan desa di Kabupaten Merangin Propinsi Jambi pada sebuah buku ini tidak lain adalah untuk tujuan pembelajaran bagi banyak pihak. Beranjak dari kenyataan bahwa sudah demikian banyak inisiatif dan inovasi yang dilakukan masyarakat sipil dalam berbagai hal, termasuk pengelolaan hutan lestari. Namun pengalaman-pengalaman tersebut terserak begitu saja, dibanyak tempat. Tetapi sesungguhnya belum ada pihak yang secara sungguh-sungguh berfocus pada upaya menarik pembelajaran-pembelajaran dari inisiatif dan inovasi tersebut untuk kemudian menjadi sumber pengetahuan bagi banyak pihak.

Fasilitasi terhadap proses pengembangan hutan di Kabupaten Merangin Propinsi Jambi ini tidak bisa dikatakan sebagai suatu proses yang mudah. Butuh waktu 2 (dua) tahun sejak proses pengusulan oleh masyarakat sampai keluarnya Surat keputusan Izin Areal Kerja Hutan Desa Seluas 44,123 Hektare dari Mentri Kehutanan. Dalam kurun waktu yang panjang dan melelahkan tersebut terdapat banyak sekali cerita serta pembelajaran yang tidak semua pihak tahu, untuk itulah PMKM berinisiatif meramu pembelajaran tersebut kedalam satu paket buku dan film documenter yang kiranya dapat menjadi khazanah pengetahuan bagi kita semua. Semuanya untuk satu hal: pengelolaan hutan yang lebih adil, lebih lestari, dan lebih memberi manfaat bagi rakyat Indonesia.


Halaman Sebelumnya

  Facebook