ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Rombong Mansyur berternak Kambing (komunitas SAD di Kabupaten Merangin Propinsi Jambi)

Upaya untuk menciptakan alternative tambahan penghasilan bagi komunitas Suku Anak Dalam (SAD) yang tinggal di jalur lintas tengah Sumatera terus dijajaki oleh SSS Pundi melalui rekan-rekan pendamping di lapangan. Penjajakan ini tentunya didasari oleh potensi di lapangan, pengalaman yang memang sudah ada serta keinginan dari komunitas SAD itu sendiri. Keputusan untuk satu pilihan kegiatan yang didukung oleh SSS Pundi melalui support program PNPM Peduli itu pun bukan semata-mata atas keinginan dan persetujuan dari ketua rombong saja. Melainkan harus sepengetahuan dan persetujuan dari semua anggota rombong. Bahkan sebelum ide kegiatan tersebut di implementasikan, pendamping juga harus membuat beberapa kesepakatan atau aturan main di tingkat komunitas SAD tersebut. Tidak lain adalah agar kegiatan yang nantinya berjalan, betul-betul dapat dimanfaatkan, dikelola secara bertanggungjawab dan tidak menimbulkan salah paham atau keirihatian diantara mereka sendiri.

Adalah pembuatan kolam ikan di rombong Sargawi. Pilihan kegiatan ini disetujui karena potensi rawa memang ada disana. Secara bergotong royong anggota rombong membuat beberapa kolam baru, serta menambah dalam rawa yang menyerupai kolam dan terbentuk secara alami. Begitu antusiasnya anggota rombong Sargawi menyambut rencana budidaya ikan kolam ini, sampai-sampai beberapa pondok baru dibangun disekitar kolam dengan tujuan agar mereka dapat mengawasi ikan-ikan dari serangan hama ular, biawak atau burung.

Lain halnya yang terjadi pada rombong Mansyur. Pilihan kegiatan yang dapat menambah pendapatan bagi Mansyur dan anggota rombongnya jatuh pada kegiatan berternak kambing. Hingga akhirnya program ini memfasilitasi penyediaan bahan untuk pembuatan kandang serta pembelian kambing …ekor yang dibagikan secara merata untuk semua anggota rombong.

Pembuatan kandang dilakukan warga SAD dengan gotong royong dibantu fasilitator dan tim pengajar. Kandang dibangun sebanyak 4 unit dimana masing masing kandang terdiri atas 3 kamar untuk ternak. Mansyur dan anggota rombongnya sangat antusias dalam membuat kandang tersebut karna ingin secepatnya selesai. Sedangkan pembagian kambing dilakukan dengan cara menghitung berapa lahan yang dipunyai oleh anggota rombong. Jika yang sudah punya lahan karet/sawit maka akan diserahkan kambing yang masih muda. Sementara bagi yang tidak mempunyai lahan karet/sawit akan diserahkan kambing yang sudah akan melahirkan dalam 3 bulan kedepan. System pembagian seperti itu sudah disepakati jauh sebelum bantuan datang, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti timbulnya rasa iri dan sebagainya antara sesama anggota warga rombong mansyur.

Mewakili anggota rombongnya Mansyur menyampaikan rasa terimakasihnya, “kami berterima kasih pak atas bantuan kambingnya. Kami janji akan merawat dan memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya!”


Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women