ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

“SVLK Goes To Campus UNILA”

Mahasiswa bisa terlibat dalam proses pemantauan SVLK Kalimat diatas adalah satu diantara banyak usulan peserta kegiatan SVLK Goes To Campus Unila yang tertuang pada sesie akhir atau penyusunan rencana tindak lanjut pasca kegiatan. Selain juga mengharapkan ada training lanjutan yang memuat kegiatan praktek lapang, sehingga mahasiswa betul-betul dapat menerapkan materi yang didapat tentang bagaimana melakukan pengumpulan data lapang serta bagaimana investigasi terhadap unit management dilakukan.

Bermula dari kegiatan Sosialisasi P68 Tahun 2011 di Novotel Bandar Lampung, dimana salah satu peserta kegiatan sosialisasi Dr. Hj. Bainah Sari Dewi menyampaikan usulannya agar SVLK juga bisa di bawa ke ranah kampus atau di perkenalkan ke mahasiswa khususnya Universitas Lampung. Usulan yang disampaikan oleh Sekretaris Jurusan Kehutanan Fakultas pertanian UNILA tersebut tentu saja di respon baik oleh Ibu Diah Raharjo yang saat sosialisasi tersebut juga hadir. Sehingga diakhir kegiatan sosialisasi menyepakati bahwa SSS Pundi Sumatera akan menindaklanjuti usulan tersebut, dan kegiatan SVLK Goes To Campus tersebut dapat dilakukan pada akhir bulan Mei 2012.

Berbagai persiapan pun mulai dilakukan, dari persiapan ruangan, peserta, narasumber dan hal-hal teknis lainnya. Konsep awalnya kegiatan SVLK Goes To Campus UNILA ini akan di lakukan sama dengan training-training pemantauan/Independent Forest Monitoring (IFM), dimana idealnya training ini menggunakan kurikulum dan Silabus Training IFM Tingkat Lanjutan, dengan jumlah total 31 JPL yang terdiri dari 12 JPL materi dasar dan 19 JPL materi inti. Akan tetapi mengingat ketersediaan waktu yang dimiliki oleh mahasiswa dalam hal ini yang akan menjadi peserta kegiatan hanya 2 hari (Sabtu-Minggu) maka akhirnya kegiatan SVLK Goes To Campus Unila ini dikemas menjadi kegiatan semi training. Maksudnya adalah bahwa kegiatan hanya akan berlangsung in class, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk menyampaikan materi yang relevan dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif. Waktu yang singkat tersebut, tidak memungkinkan untuk langsung melakukan praktek lapangan, dan di rancang tanpa ada pre test dan post test, serta penugasan-penugasan.

Kegiatan pembukaan yang berlangsung di ruang Auditorium Perpustakaan Universitas Lampung tersebut, pada akhirnya di ikuti oleh sebanyak 45 orang mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Jurusan kehutanan, akan tetapi ada yang dari fakultas Hukum, sastra jepang dsb. Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Dekan fakultas Pertanian Unila, dengan menghadirkan Kepala dinas Kehutanan Provinsi lampung Ir. Warsito sebagai Keynote Speaker. Sedangkan narasumber utama yang menyampaikan materi tentang konteks SVLK dalam rangka menuju Tata Kelola Kehutanan yang baik di Indonesia, di sampaikan oleh Kepala Balai Pemanfaatan dan Pemantauan Hutan Produksi (BP2HP) Wilayah VI lampung Ir. Teguh Widodo, M.Si. sedangkan tiga narasumber lain yang secara bergantian akan mengisi sesie sampai dengan ke-esokan harinya adalah M. Sutono (manager program SSS Pundi), Mhd Sidik (Direktur YKWS Lampung) dan Dr. Hj. Bainah sari Dewi (Dosen Jurusan Kehutanan fakultas Pertanian Unila).

Beberapa materi lain yang juga disampaikan pada acara SVLK Goes To Campus ini adalah terkait Membedah anatomi PK-PHPL-VLK Berdasarkan P.8/2011 (Tahapan SVLK, Komponen, Standar dan pedoman penilaian), Peran dan Eksistensi Independent Forest Monitoring/IFM (Pemantau Independent Kehutanan) di Sumatera, dan pembelajaran dari kegiatan di Lampung), Pengenalan tentang Tata Usaha Kehutanan (TUK), Pengenalan teknik dasar investigasi dan pengumpulan data dalam rangka pemantauan kehutanan, Mekanisme penanganan keluhan (Complain Handling) dalam tahapan PK-PHPL dan VLK serta ditutup dengan Identifikasi rencana tindak lanjut, terkait dengan peran mahasiswa sebagai bagian dari kelompok masyarakat sipil di Sumatera, dalam implementasi SVLK.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan diikuti secara antusias oleh adik-adik mahasiswa. Terlebih karena penyampaian materi juga dilakukan secara lebih informal, di selingi dengan kuis-kuis yang tentu saja menjanjikan hadiah yang menarik apabila peserta dapat menjawab kuis dengan benar. Diakhir kegiatan peserta diajak untuk menyusun rencana tindak lanjut (RTL) kegiatan, dimana cukup banyak harapan dan keinginan dari mahasiswa untuk lebih dalam mengetahui tentang PHPL dan VLK tersebut. Sebagain dari RTL yang di sampaikan mengharapkan ada kerjasama antara SSS Pundi dan Unila khususnya jurusan Kehutanan fakultas Pertanian Unila agar kedepan mahasiswa dapat dilibatkan dalam kegiatan training-training pemantau, dapat diajak untuk melakukan praktek pemantauan ke unit managemen, bahkan bisa melakukan praktek lapang/penulisan skripsi di lokasi-lokasi dampingan/kegiatan SSS Pundi Sumatera***.



Halaman Sebelumnya

  Facebook