ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Ekspedisi Media Pengelolaan Hutan Rakyat Di Pubian

Tidak banyak pihak yang tahu, kalau sesungguhnya di hulu sungai Way Seputih Kecamatan Pubian kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Community Logging Giri Mukti Wana Tirta (Comlog GMWT) pada Bulan November tahun 2011 lalu telah memperoleh sertifikat legalitas kayu (VLK) No. VLK 00050 Tahun 2011 secara langsung dari mentri kehutanan Bapak Zulkifli Hasan. Sertifikat VLK ini diberikan setelah koperasi GMWT di nyatakan lolos penilaian oleh PT.Sucofindo (SICS) untuk luasan 22,5 Ha di Kampung Pekandangan, dengan jumlah anggota 42 orang .

Keberhasilan koperasi GMWT dalam memperoleh sertifikat VLK tersebut tentu tidak terlepas dari kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan SSS Pundi Sumatra melalui dukungan Multistakeholder Forestry Programme (MFP). Untuk mencapai keberhasilan itupun butuh tahapan dan proses yang tidak mudah. Terlebih ketika sertifikat VLK tersebut telah di tangan, maka siap atau tidak koperasi GMWT harus dapat mempertahankan sertifikat yang telah di peroleh. Berbagai upaya pasca diterimanya sertifikat VLK telah dilakukan, antara lain terus melakukan penguatan kelembagaan koperasi sehingga koperasi ini dapat memiliki rencana bisnis perdagangan kayu dalam jangka panjang, melakukan perluasan wilayah kelola masyarakat, melakukan pendokumentasian lahan kelola tersebut, pembangunan pusat data sampai dengan penjajakan pada lembaga permodalan guna membantu koperasi GMWT dalam pengelolaan serta perdagangan kayu rakyatnya.

Sebagai upaya untuk mensosialisasikan, mempromosikan dan juga menggalang dukungan public atas proses pembelajaran yang telah berlangsung di GMWT, SSS Pundi bekerjasama dengan YKWS melalui dukungan MFP pada tanggal 04 s/d 05 Mei 2012 lalu telah melakukan kegiatan ekspedisi media dengan melibatkan media baik cetak maupun elektronik. Peserta dari kegiatan “Ekspedisi Media” ini di fasilitasi untuk datang melihat, meliput, mendokumentasikan serta menemukenali berbagai kondisi, persoalan, potensi dan peluang yang ada di Kampung Pekandangan dan sekitarnya terkait pengelolaan tata kelola kayu di hutan rakyat.

Konsep Kegiatan:
Ekspedisi media yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut membawa peserta untuk melakukan perjalanan ke lima lokasi (Kampung Payung makmur, Kampung Kota Batu, Kampung Pekandangan, Lokasi Hutan Rakyat/kebun Masyarakat, dan Air Terjun Curug 7) untuk melakukan pengambilan gambar, dialog dengan aparat desa, aparat dusun serta masyarakat kampung hutan terkait pengalaman pengelolaan hutan rakyat. Dan dalam perjalananannya ternyata peserta tidak hanya memperoleh berita dan rekaman gambar dari paket-paket kunjungan yang telah disiapkan, melainkan juga banyak memperoleh berita dari kondisi fisik kampung, akses yang memang masih sangat minim, sarana dan fasilitas di lokasi yang sangat terbatas bahkan potensi-potensi wisata lain yang terdapat di hulu sungai way seputih tersebut.

Selama melakukan perjalanan ekspedisi tersebut, peserta juga di dampingi oleh Guide lokal, rekan-rekan YKWS dan SSS Pundi Sumatra, yang dapat memberikan informasi bagi peserta terkait pengelolaan Hutan rakyat di Kampung Pekandangan dan sekitarnya. Ekspedisi ini diikuti oleh 5 (lima) perwakilan media yakni Radar Lampung, Tribun, Bimantara FM (radio komunitas), Lampung TV dan Radar TV Kegiatan diawali dengan technical meeting bersama media yang berlangsung 1 hari sebelum kegiatan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan gambaran pada media tentang tujuan kegiatan ekspedisi, agenda yang akan di lalui saat pelaksanaan serta memberikan gambaran kondisi lapangan secara fisik, sehingga paling tidak rekan-rekan media lebih mengetahui latar belakang dan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut, termasuk juga lebih siap untuk menjalani perjalanan dengan medan yang cukup berat.

Sebelum tim ekspedisi melakukan Perjalanan menuju Pubian Lampung Tengah pada 04 Mei 2012, SSS Pundi dan YKWS juga menyempatkan untuk berkoordinasi sebentar dengan Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Lampung Tengah (Ir. Trisna), terkait rencana dan rangkaian kegiatan ekspedisi termasuk juga menyinggung tentang agenda kegiatan talkshow yang akan dilakukan pasca ekspedisi bersama media tersebut. Selanjutnya perjalanan ekspedisi dilakukan, dimulai dari kunjungan ke kampung Payung Makmur, Kota Batu dan berakhir di Kampung Pekandangan (Dusun IV) Pubian Lampung Tengah.

Peserta ekspedisi ini tidak hanya berkesempatan untuk menggali informasi melalui dialog yang dilakuakn di tiap lokasi persinggahan, akan tetapi juga langsung melihat lokasi kebun-kebun anggota koperasi, melihat kegiatan koperasi GMWT dalam tata usaha kayu rakyat dan bagaimana koperasi menyusun rencana bisnis untuk pengelolaan kayu di kebun setiap anggotanya. Kondisi Dusun IV Pekandangan yang memang sulit diakses sebagai dampak musibah banjir bandang yang terjadi 2 minggu sebelumnya, semakin menarik untuk dilalui peserta ekspedisi ini. Dimana kendaraan peserta terpaksa harus menempuh perjalanan dengan rute yang lebih jauh untuk mencapai lokasi tersebut, menyebrang sungai dengan menggunakan rakit bambu sederhana karena akses jembatan yang putus akibat banjir, serta suasana malam tanpa televise dan sarana penerangan karena fasilitas listrik yang belum tersedia.

Kegiatan ekspedisi di tutup dengan kunjungan ke salah satu potensi wisata di hulu sungai way Seputih, yakni mengunjungi air terjun Curug 7. Kelelahan peserta untuk mencapai puncak air terjun ini terobati dengan sugguhan pemandangan alam yang luar biasa indahnya itu. Berbagai kesan dan ucapan terima kasih juga disampaikan oleh rekan-rekan peserta pada saat penutupan kegiatan, koperasi GMWT juga menitip pesan dan harapan yang kiranya dapat disuarakan oleh peserta ekspedisi melalui media-media mereka.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women