ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Training Pemantau Independent Regional Sumatera III

Pada tahun 2010 sampai pertengahan 2011 dalam upaya memperkuat kapasitas masyarakat sipil agar mampu berperan aktif dalam implementasi PK-PHPL/VLK, SSS Pundi Sumatra dengan dukungan MFP sudah menyelenggarakan 2 kali training pemantau independent untuk rekan-rekan NGO, yang mana dari 2 training tersebut menghasilkan 35 orang pemantau yang sebagian sudah melakukan pemantauan terhadap proses sertifikasi PK-PHPL di Riau, Jambi dan Sumut.

Pada tanggal 23 s/d 27 Januari 2012 kemarin, Training Pemantau Independent Regional Sumatra priode ke-Tiga akhirnya dapat terlaksana dengan Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggara. Mengapa pilihannya Riau?? Seperti diketahui Riau memiliki unit manajemen pengelolaan hutan baik IUPHHK maupun IUIPHHK dalam jumlah dan luasan yang cukup besar. Untuk itu dirasa perlu untuk melakukan training pemantauan khusus bagi penggiat NGO di propinsi tersebut, yang juga tidak menutup kesempatan bagi rekan-rekan NGO dari propinsi lain untuk hadir.

Training yang berlangsung 4 hari efektif tersebut diadakan di Hotel Mona Plaza Pekanbaru, Riau. Training ini menghadirkan dua orang narasumber yakni dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang dihadiri oleh Bapak Heru Suseno yang menyampaikan perihal “Posisi KAN dalam konteks PK-PHPL/LK, kelembagaan KAN, standar kompetensi berbasis ISO/IEC 17000, 17011 : 2004, 17021 : 2006, Guide 65 : 1996, dan Standar Nasional Indonesia (SNI)” dan satu narasumber lain dari Dirjen Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan (BIKPPHH) yang di hadiri oleh Bapak Rudi Eko yang menyampaikan tentang “Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu, beserta dengan struktur dan hirarki standar penilaian kinerja merujuk pada PerDirjend BPK No. 06/2009 dan Petunjuk teknis PK PHPL/VLK yang merujuk pada P.02/2010). Jo. P.8/VI-BPPPHH/2011 Posisi IFM dalam sertifikasi PHPL&VLK dalam Permenhut No P.38/Menhut-II/2009 jo P.68/Menhut-II/2011”.

Training yang di kemas dengan metodelogi (1) Pemaparan dan Diskusi (2) Simulasi kasus dan Kerja Kelompok (3) Praktek Lapang dan (4) pemberian tugas-tugas ini di fasilitasi oleh 2 (dua) orang trainer yakni M. Sutono sebagai Dinamisator APIKS dan Umi Syamsiatun dari CAPPA Jambi yang sekaligus juga banyak men share pengalaman dan pemahamannya pada peserta training terkait kerja-kerja pemantauan (perencanaan, strategi, teknik pemantauan, pelaporan, kerja sama jaringan, kelola informasi, serta pengamanan dalam pemantauan).

Meski traning ini berjalan lancar dan cukup baik, namun kendala yang ditemui adalah ketidakhadirannya peserta dari Palembang dan Lampung yang sejak awal di targetkan akan ikut sebagai peserta training. Termasuk juga pembatalan dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) sebagai lokasi kegiatan dari Praktek Lapangan, tepat satu hari sebelum praktek lapang berlangsung. Meski secara substansi dua kendala diatas tidak berpengaruh cukup besar, akan tetapi menjadi proses pembelajaran yang sangat besar bagi rekan-rekan panitia untuk mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang sama agar dapat lebih maksimal lagi.


Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women