ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

SSS Pundi Sumatera Gelar ExIS - Expo Inisiatif Sumatera, Hotel Golden Harvest 7-8 Desember 2016

Pelaksanaan program Tropical Forest Concervation Action in Sumatera atau disingkat TFCA-Sumatera sejak 5 tahun lalu merupakan sebuah terobosan baru dalam mendukung upaya-upaya konservasi di Indonesia. Tidak kurang 35 mitra telah melaksanakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penyelamatan species kunci dan ekosistemnya, mendorong pengelolaan hutan berbasis masyarakat, mendorong berkembangnya usaha skala kecil kehutanan masyarakat, serta inisiasi kebijakan yang mendukung pengelolaan hutan lestari dan kesejahteraan masyarakat pada 12 bentang alam di Sumatera.

Salah satu tujuan kehutanan masyarakat adalah meningkatkan manfaat sumberdaya hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Tujuan ini masih sulit dicapai selama petani masih terpaku pada usaha budidaya tanpa nilai tambah pasca panen. Berbagai hambatannya adalah keterbatasan informasi mengenai pasar, teknologi dan juga pembiayaan. Selain itu juga terdapat hambatan mengenai kapasitas dan skill.

Disadari bahwa upaya mendapatkan akses masyarakat untuk mengelola kawasan hutan tidak bisa berhenti dengan didapatkannya legalitas pengelolaan hutan oleh masyarakat, tapi harus dilanjutkan dengan upaya serius untuk mendorong dan memperkuat bisnis pengelolaan hutan oleh masyarakat atau CBFE (Community Base Forest Enterprise). Oleh Karena itu hampir keseluruhan inisiatif mitra TFCA Sumatera mencakup kegiatan penguatan ekonomi masyarakat sekitar hutan dan menumbuh kembangkan kelembagaan bisnis (produksi dan micro finance) skala kecil.

ExIS - Expo Inisiatif Sumatera yang di selenggarakan oleh SSS Pundi Sumatera selaku Regional Facilitator atau Fasilitator Wilayah TFCA Sumatera pada tanggal 7-8 Desember 2016 bertempat di Hotel Golden Harvest Jambi merupakan media untuk mempertemukan beragam inisiatif mitra, beragam komoditi dan produk yang dihasilkan mitra dan penerima manfaat (masyarakat), agar terjadi shared learning antar mitra, promosi produk kepada pasar, serta terbangunnya komunikasi dalam rangka mengintegrasikan inisiatif mitra TFCA Sumatera dengan rencana kerja Pemerintah ditingkat nasional maupun pemerintah daerah.

Peserta yang hadir dalam acara ini adalah mitra-mitra TFCA Sumatera di wilayah tengah dan Selatan yang terdiri dari 8 bentang alam di Propinsi Sumatera Barat, Jambi, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung. Adapun 8 bentang alam tersebut terdiri dari Bentang alam sekitar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), TN Berbak-Sembilang, TN Siberut, TN Tesso Nilo, TN Bukit Tigapuluh, TN Bukit Barisan Selatan, TN Way Kambas dan Semenanjung Kampar/TN Zamrut.

Acara ExIS - Expo Inisiatif Sumatera ini dikemas dalam sesie Dialog Nasional, yang menjadi opening ceremony expo, dan dikemas dalam bentuk dialog interaktif yang mengambil topik “MENGEMBANGKAN COMMUNITY ENTERPRENEURSHIP UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN BENTANG ALAM DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR HUTAN DI SUMATERA”. Warung kopi dan Temu Bisnis sebagai ajang yang mempertemukan person, lembaga, perusahaan dari industry pengolah hasil bumi, eksportir, dan pebisnis lain yang bergerak dalam bidang perniagaan hasil bumi, lembaga pembiayaan, maupun lembaga pemerintah terkait. Di lanjutkan dengan sesie workshop pembelajaran dari inisiatif Mitra TFCA, Diskusi dan Launching buku serta pameran mitra yang menyediakan 20 stand pameran bagi seluruh mitra TFCA Sumatera dan Mitra SSS Pundi Sumatera.




Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women