ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Peresmian Pustaka Alam SAD

Merespon minat baca yang tinggi dari anak-anak komunitas suku anak dalam (SAD) di Rombong Ngilo Desa Pauh Menang Kec. Pamennag Kab. Merangin Propinsi Jambi, Pundi Sumatera bekerjasama dengan Perpustakaan daerah Kab. Merangin mendorong pembentukan pustaka alam di pemukiman rombong Ngilo tersebut.

Pustaka alam atau taman baca yang di kembangkan dengan memanfaatkan bagian ruangan dari bangunan Rumah Pintar SAD itu, tak terbayangkan sebelumnya dapat diresmikan oleh Bapak Bupati Kab. Merangin pada 4 September 2016 lalu. Kurang lebih 2500 judul pustaka kini sudah melengkapi rak-rak buku pada pustaka alam SAD tersebut, yang sebagian besar merupakan bantuan dan sumbangan dari berbagai pihak yang peduli akan isu ini antara lain Perpustakaan propinsi Jambi, perpustakaan daerah Merangin, sumbangan dari komunitas baca Bekawan Indonesia, sumbangan dari komunitas MMC Outsiders Jambi, dari perseorangan serta sebagian besar adalah bantuan dari took buku Gramedia Jambi.

Dalam rangka memeriahkan acara peresmian pustaka alam dan bagian sosialisasi pada masyarakat sekitar tentang keberadaan taman baca ini, Pundi Sumatera juga menggelar rangkaian lomba seperti Menggambar, Mewarnai dan Lomba Cipta Baca Puisi yang diikuti oleh perwakilan sekolah tingkat SD dan SLTP yang ada disekitar lokasi kegiatan di Kecamatan Pamenang. Kegiatan ini direspon sangat baik oleh para peserta maupun undangan, tak terkecuali pemerintah desa dan kecamatan juga ikut ambil bagian dalam mempersiapkan acara peresmian.

Keberadaan pustaka alam ini kiranya bertujuan tidak hanya bermanfaat bagi komunitas suku anak dalam (SAD) melainkan dapat menjadi media penghubung antara SAD dengan masyarakat sekitar untuk terus mendorong terciptanya inklusi social antara kedua belah pihak. Siapapun dapat mengakses taman baca ini, pekerjaan rumah untuk pustaka alam ini belum sepenuhnya selesai; justru baru dimulai. Menyusun strategi agar keberadaan pustaka alam ini kedepannya bermanfaat dan bisa diakses oleh banyak pihak merupakan tugas yang harus terus di kawal oleh Pundi sumatera dan Perpustakaan daerah Kab. Merangin. Semoga pustaka alam ini dapat menjadi Jendela bagi Mereka (SAD) untuk melihat dunia.. 

Halaman Sebelumnya

  Facebook