ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Study Banding Anggota Komunitas SAD ke BPTP Jambi

Sudah dua tahun terakhir Komunitas SAD di Rombong Ngilo SPA Desa Pauh Menang Kec. Pamenang Kab. Merangin mengembangkan budidaya ekonomi produktif dalam kegiatan pertanian dan peternakan atas dukungan Program Peduli. Dimulai dari pengembangan Budidaya Ternak Kambing, pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman sayur dan kini mereka mulai tertarik untuk melakukan ujicoba pengembangan budidaya ikan lele pada media kolam terpal.

Begitu juga dengan komunitas SAD Rombong Hary di Kec. Pelepat Kab. Bungo. Ketertarikan dalam mengembangkan budidaya Ikan lele di kolam terpal kini mulai meluas dengan budidaya secara swadaya pada media kolam-kolam tanah disekitar lokasi pemukiman.

Meski dengan bantuan yang terbatas, pengetahuan dan kemampuan teknis yang terbatas; namun tidak menyurutkan keinginan anggota rombong ini untuk mencoba. Meski belum memperoleh hasil yang memuaskan dalam setiap kegiatan ekonomi ini, anggota rombong merasa hasil panen yang sudah diperoleh sedikit membantu rumah tangga masing-masing. Paling tidak, mereka cukup memetik sayur, mengambil ikan dan bumbu dapur dari kebun atau kolam sendiri; tidak harus membelinya dari warung atau pasar terdekat.

Untuk meningkatkan pengetahuan teknis dari anggota rombong dalam budidaya kambing, budidaya ikan lele, tanaman palawija dan sayur serta bagaimana bisa menciptakan integrasi peternakan dengan perikanan, pada 27 Juni 2016 lalu Pundi Sumatera memfasilitasi perwakilan anggota SAD dari Kab. Merangin dan Kab. Bungo ini untuk berkunjung ke BPTP Jambi. Dalam kunjungan tersebut, peserta memperoleh informasi dan pengetahuan tentang teknik budidaya, cara pembibitan dan perawatan tanaman; cara mengolah kotoran kambing menjadi pupuk kompos serta bagaimana memanfaatkan kotoran ternak untuk menjadi pakan alternative untuk kegiatan perikanan.

Kegiatan-kegiatan share learning dan praktek teknis seperti ini dirasakan sangat bermanfaat untuk anggota rombong. Sekembalinya dari study banding ini, anggota perwakilan SAD berkeinginan untuk mengujicobakan pengalaman yang di dapat agar kegiatan pertanian, peternakan dan perikanan yang dilakukan juga semakin optimal dan berkembang.

Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women