ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Dukcapil Kab. Dharmasraya akan segera terbitkan Kartu Tanda Komunitas (KTK) untuk komunitas SAD

KTP adalah prasyarat bagi beberapa akses, akses layanan umum, akses administrasi kependudukan dan akses fasilitas layanan dasar public. Karena KTP adalah hak setiap warga Negara Indonesia tanpa terkecuali, sejak satu tahun terakhir Pundi Sumatera atas dukungan Program Peduli juga mulai memfasilitasi pengurusan dokumen kependudukan ini untuk komunitas SAD yang hidup di beberapa lokasi di Kab. Dharmasraya

Rapat pada Selasa 12 April 2016 Pukul. 14.00 bertempat di aula Kantor Bupati Kab. Dharmasraya yang langsung di pimpin oleh Asisten I , Bapak Irsyad adalah upaya kongkrit dari pemkab untuk menyelesaikan persoalan dokumentasi kependudukan bagi Suku Anak Dalam tersebut.

Dihadiri Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Bappeda, Bagian Hukum, Wali Nagari Banai, Camat Koto Besar, Camat Sembilan Koto, Direktur PEDULI dan Pundi Sumatera, Asisten I menyatakan dukungannya atas upaya pemberdayaan SAD yang telah dilakukan Pundi Sumatera dan Perkumpulan PEDULI mengingat SAD adalah bagian dari masyarakat Kab. Dharmasraya dan merupakan WNI yang tentunya punya hak yang sama dengan WNI yang lainnya.

Hasil rapat menghasilkan keputusan bahwa Dinas Kependudukan Catatan Sipil akan segera menerbitkan Kartu Tanda Komunitas (KTK) untuk SAD, dimana KTK akan diatur agar dapat mengakses semua layanan dasar khususnya layanan dasar kesehatan gratis bagi komunitas adat terpencil tersebut.

“KTK merupakan langkah awal bagi SAD dalam memperoleh haknya sebagai warga Negara sebelum KTP di keluarkan. Ini merupakan bentuk dukungan dan pengakuan dari pemkab Dharmasraya atas kehadiran mereka. Usai penerbitan KTK akan kita upayakan agar SAD juga mendapatkan fasilitas yang lainnya “, Ujar Pandong Spendra, Direktur Perkumpulan PEDULI pada rapat tersebut.

Syamri (Fasilitator SAD Wilayah Dharmasraya) yang hadir mewakili Pundi Sumatera juga menyampaikan komitmennya bahwa Pundi Sumatera akan mengambil peran dalam melakukan pendataan SAD dan melengkapi administrasi dalam pengurusan Kartu Tanda Komunitas tersebut.



Halaman Sebelumnya

  Facebook