ENGLISH VERSION  |   KONTAK KAMI  |   SUMBER DANA  |   KUMPULAN PERATURAN   

Home

Tentang Kami

Web Gis

Penyaluran Dana

Program

  Cari Data :

 
User ID :
Password :
 

Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Kolam Fiber di Komunitas SAD Rombong Hari-Rombong Badai kec. Pelepat Kab. Bungo Propinsi Jambi

Masih ingat akan bantuan 2 unit kolam fiber yang diberikan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo pada Bulan Desember lalu??

Sukses dalam mengembangkan budidaya ikan kolam di media terpal kiranya telah menggerakan Pak Quswen (Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo) untuk memberi stimulant yang jauh lebih besar lagi kepada Komunitas SAD Rombong Hari dan Rombong Badai yang telah bermukim di Desa Dwi Kara Bakti Kec. Pelepat Kab. Bungo Propinsi Jambi dalam beternak lele.
Bantuan 2 unit kolam fiber, 3000 ekor bibit dan bantuan pakanípun di berikan pada komunitas ini pada Desember lalu.

Perkembangan budidaya ikan lele kolam fiber ini dalam perjalanannya cukup menggembirakan. Kondisi ikan berkembang dan sehat hingga pada 14 maret 2016 lalu, kedua rombong ini dapat melakukan panen perdananya yang di saksikan langsung oleh Bapak Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo beserta staf.
Dua hari sebelum panen dilakukan, pundi sumatera telah mengajak anggota rombong untuk bermusyawarah dalam memutuskan tujuan dan pengalokasian hasil pemanenan yang akan dilakukan. Dalam musyawarah tersebut disepakati, bahwa anggota rombong berkeinginan bahwa hasil panen perdana kolam fiber ini seluruhnya dijual, dan uang hasil penjualan sebagian kecil akan dikembalikan dalam bentuk bibit dan pakan untuk memastikan keberlanjutan kegiatan, sedang sisanya dialokasikan untuk membeli batu dan pasir untuk pengerasan akses jalan ke lokasi pemukiman yang kondisinya memang masih sangat minim.

Pemanenan ikan yang dihadiri oleh hampir seluruh anggota rombong SAD ini, memperoleh hasil 30 Kg untuk kolam fiber rombong Hari, serta 35 Kg untuk kolam fiber anggota rombong Badai. Bapak Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo yang hadir juga amat terkesan dengan keberhasilan budidaya ikan kolam fiber ini yang mencapai tingkat 80%. Cukup fantastis untuk pemula dengan minimnya pengetahuan teknis.

Untuk keberlanjutan kegiatan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo sendiri berjanji akan terus memberikan dukungan program; terutama untuk pengembangan ikan lele kolam terpal yang menurutnya jauh lebih sesuai dikembangkan melihat potensi dan kondisi ketersediaan air bersih di sekitar lokasi pemukiman.


Halaman Sebelumnya

Share

Friend Link: MBT Garissa Women Nike Air Force 1 High Cheap Nike Elastico Superfly IC Nike Roshe Run Floral Swoosh Adidas Adizero F50 FG MBT Fora Women